Minggu, 17 Maret 2013

Cara Mengembalikan folder yang berubah menjadi .exe karena virus

ketika memasukan flasdisk , data, file doc itu terdeteksi menjadi firus berupa berubah menjadi file exe, folder , ink dan lain-lain, yang terdeteksi menjadi virus dan terhapus oleh anti virus...






virus hilang data pun hilang, panik lah terjadi.

yg sebenarnya terjadi itu menurut para ahli 

"virus ‘New Heuristic’. Virus New Heuristic adalah virus yang menduplikasi semua file Ms Word di flashdisk, kemudian merubah atribut file aslinya dalam bentuk file ‘hidden’ dan ‘system’, kemudian menampilkan salinan file tersebut dengan tipe Application (exe)."

"virus hanya menyembunyikan file atau folder yang terkana virus, tidak menghapusnya. Misal jika Anda mendapati data Ms Word Anda terkena virus dan berubah ekstensinya menjadi *.exe (tipe Application), sebenarnya file asli Anda tersebut disembunyikan dan file yang ditampilkan adalah file hasil duplikasi yang dibuat oleh virus dengan ekstensi yang diubah oleh virus tersebut. Sedangkan file asli Anda diubah atributnya menjadi file ‘system’ sehingga menjadi super hidden dan sama sekali tidak terlihat, walaupun Anda mengaktifkan ‘Show hidden file and folder’ tetap saja tidak akan terlihat. Kebanyakan virus seperti ini menyerang pada file-file di flashdisk dan digunakan sebagai media penyebarannya"

atau ada yang mengatakan 

"virus yang bernama win32.VB.pod. Biasanya dia menyerang Folder sehingga berubah menjadi shorcut atau file Microsoft Word (.doc) berubah menjadi application (.exe)" 

atau mungkin artinya sama tapi saya tidak tahu ^.^
lanjut ke pengananan nya, bagaimana jika menghadapi situasi ini, mudah saja 

- aktifkan antivirus, antivirus yang saya maksudkan antivirus punya luar, mau avg, norton atau apapun itu, cuma milik saya menggunakan avg dan itu terdeteksi, karena menurut saya antivirus terhebat itu adalah semua antivirus yg penting update terbaru.

-hapus, remove heal atau apapun itu virus , nah pastikan sudah bersih flasdisk dari virus , gak semua antivirus mengembalikan file yang terjangkit virus ada pula yang menghapusnya, jadi ikhlaskan saja    

data hilang semua , ?? panik ?? jangan dulu , skarang ini yang harus kita lakukan



Pada menubar Windows Explorer, klik Tools >> Folder Options, atau buka Control Panel >> Folder Option.
 
- pada kotak dialog ‘Folder Option’ yang terbuka, klik tab View. Kemudian pada ‘Hidden files and folders’, pilih pada ‘Show hidden files and folders’.
- Kemudian hilangkan tanda centang pada ‘Hide protected operating system files (Recommended)’. Pada kotak peringatan yang muncul (Warning), klik tombol Yes. lalu tombol OK
- Kemudian seluruh file dan folder yang disembunyikan virus akan terlihat samar.
Berikut ini contoh file dan folder yang disembunyikan virus jika file bervirus belum di hapus oleh antivirus atau dihapus manual. Terlihat bahwa setiap file asli Anda terduplikasi oleh virus dengan ekstensi tipe Application (exe), sedangkan file asli Anda bertipe Microsoft Word Document (doc) yang terlihat samar.
- Untuk menormalkan kembali semua file dan folder yang disembunyikan virus tersebut, yaitu buka Ms Dos Command prompt, dengan klik Start >> All Programs >> Accessories >> Command Prompt.
- Kemudian masuklah ke drive dimana file dan folder Anda disembunyikan. Pada contoh ini file berada di flashdisk yaitu drive F:, Pada halaman Command Prompt, ketik F: lalu tekan ‘Enter’.
- Kini anda berada di dalam drive flashdisk anda, kemudian anda ketik dir lalu tekan enter terus lihat hasilnya apakah sudah muncul atau belum file/folder yang anda cari?
- Apabila file yang anda maksud belum ada, silahkan anda ketikkan dir/a atau dir /a kemudian tekan enter kembali lihatlah apakah file atau folder anda sekarang sudah terlihat?
- Ketikkan attrib *.* -s –h –r /s /d lalu tekan ‘Enter’
Keterangan:
attrib : perintah untuk menggubah atribut file atau folder
 
    -s : system (tanda negatif artinya menghilangkan atribut system)
- h : hidden (tanda negatif artinya menghilangkan atribut hidden) 
- r : read only (tanda negatif artinya menghilangkan atribut read only)
      *.* : adalah untuk apply ke semua file atau folder
      /s : adalah untuk apply atribut sub direktori
      /d : adalah untuk apply atribut dalam direktori 
 - buka flasdisk anda dan lihat perubahannya

jika semua sudah dijalankan dan terlihat file nya  segera lah hapus file2 yang menurut anda aneh, backup data anda, dan lebih berhati2 dalam menyimpan data

namun jika sudah dijalankan dan tidak bisa juga, setidaknya anda sudah mencoba dan bersabarlah , saya tau rasanya kehilangan sebuah data.

2 komentar:

  1. ciiiiinggggggg sing nyak nasklengggggg...
    ci bise singggg ,, men sing de ci ngae nas bebedag care tai mule ciii noooxxxx

    BalasHapus
  2. thanks gan infonya sangat bermanfaat file saya jadi kembali semuanya thanks gan

    BalasHapus

 
animasi  bergerak gif
My Widget
;